Kamis, 24 September 2015

Alkisah dulu ada seorang Jomblo, namanya Bill. Karena jomblo dan ga ada kerjaan dia bikin bisnis, dia kasih nama Microsoft. Bisnisnya sistem operasi untuk komputer. Ternyata bisnisnya booming dan ia jadi orang paling kaya didunia.

Ga berapa lama ada 2 org sahabat Larry sama Serge, karena sama2 Jomblo, kepinteran, dan ga ada kerjaan, mereka sering iseng mencari2 file, karena susah nyarinya, mereka bikin mesin pencari sambil jadi bisnis, namanya Google. Sama meledak juga, dan sempat menjadi merek no. 2 paling berharga didunia (dibawah Coca Cola saat itu.)

Keduanya sangat sukses dan ga pernah bersinggungan, satu bisnis sistem operasi (OS), yang satu lagi bisnis mesin pencari. Dunia tentram, bisnis lancar..

Tapi seuatu hari, Bill ngelirik bisnis tetangga, ternyata bisnis iklannya Google menguntungkan dan memutuskan bikin mesin pencari, namanya Bing. Serge dan Larry juga ngelirik sebelah dan bikin bisnis sistem operasi namanya Chrome OS dan Android.

Bill nitip bisnisnya ke Ballmer, CEO yang baru, eh doi malah bikin Windows Phone karena ngelirik Android.

Bisnis yang tadinya ga ada hubungannya kini bersaing keras. Sikut2an di kolam yang sama.

Sementara, nun jauh disana, ada Steve Jobs yang terus fokus, ga ngelirik tetangga, bikin bisnis namanya Apple.

Sekarang Apple menjadi Bisnis paling profitable dan merek paling bernilai di dunia. Ngambil status yang tadinya disandang sama Microsoft dan Google sekaligus. Padahal tadinya Microsoft dan Google (masing2) memiliki nilai merek yang jauh diatas Apple.

Padahal toh sampe sekarang, sumber penghasilan paling besarnya Google tetep iklan, jauh diatas Android dan bisnis lain mereka, dan sumber penghasilan terbesar Microsoft tetep Windows OS, jauh diatas Windows Phone apalagi Bing.

Pelajarannya: jangan kebanyakan ngelirik kesuksesan orang lain. Kadang kita sering terlalu fokus ke pencapaian orang atau kesuksesan kompetitor sampe lupa ke elemen paling penting dalam bisnis: konsumen..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.