Jumat, 04 November 2011

5 KEBUTUHAN MENURUT MASLOW


Lima tingkat kebutuhan itu dikenal dengan sebutan Hirarki Kebutuhan Maslow, dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif psikologis yang lebih kompleks; yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar terpenuhi. Kebutuhan pada suatu peringkat paling tidak harus terpenuhi sebagian sebelum kebutuhan pada peringkat berikutnya menjadi penentu tindakan yang penting.

• Kebutuhan fisiologis (rasa lapar, rasa haus, dan sebagainya)
• Kebutuhan rasa aman (merasa aman dan terlindung, jauh dari bahaya)
• Kebutuhan akan rasa cinta dan rasa memiliki (berafiliasi dengan orang lain, diterima, memiliki)
• Kebutuhan akan penghargaan (berprestasi, berkompetensi, dan mendapatkan dukungan serta pengakuan)
• Kebutuhan aktualisasi diri (kebutuhan kognitif: mengetahui, memahami, dan menjelajahi; kebutuhan estetik: keserasian, keteraturan, dan keindahan; kebutuhan aktualisasi diri: mendapatkan kepuasan diri dan menyadari potensinya)

1 komentar:

  1. Jadi Teori Maslow tentang motivasi secara mutlak menunjukkan perwujudan diri sebagai pemenuhan kebutuhan bercirikan pertumbuhan & pengembangan individu. Perilaku yang ditimbulkannya dapat dimotivasikan oleh manajer dan diarahkan sebagai subjek yang berperan. Dorongan yang dirangsang ataupun tidak, harus tumbuh sebagai subjek dengan memenuhi kebutuhannya masing yang harus dicapainya & sekaligus selaku subjek yang mencapai hasil untuk sasaran organisasi.

    thank's,
    Ade Setiawan-200846500121-DKV S7b , 07.30 PM

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.