Jumat, 04 November 2011

TEORI HERZBERG


Menurut Herzberg (1966), ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor itu disebutnya faktorhigiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Faktor higiene memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk didalamnya adalah hubungan antar manusia, imbalan, kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik), sedangkan faktor motivator memotivasi seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan, yang termasuk didalamnya adalah achievement, pengakuan, kemajuan tingkat kehidupan, dsb (faktor intrinsik). 

3 komentar:

  1. Hidup itu penuh ketidak pastian, jadi menurut saya pribadi, faktor tak terduga itu harus dipikirkan selain ekstrinsik dan intrinsik tadi,. itu pelajaran yang saya ambil dari ilmu psikologi dan pengalaman pribadi.

    BalasHapus
  2. contoh:Jadi karyawan yang terdorong secara intrinsik akan menyenangi pekerjaan yang memungkinnya menggunakan kreaktivitas dan inovasinya, bekerja dengan tingkat otonomi tinggi dan tidak perlu diawasi. Kepuasan disini tidak terutama dikaitkan dengan perolehan yang bersifat materi. Sebaliknya, mereka yang lebih terdorong oleh faktor-faktor ekstrinsik cenderung melihat kepada apa yang diberikan oleh organisasi kepada mereka dan kinerjanya diarahkan kepada perolehan hal-hal yang diinginkannya dari organisasi.
    seperti itu yaa pak...

    thank's,
    Ade Setiawan-200846500121-DKV S7b , 07.30 PM

    BalasHapus
  3. setuju dengan teorinya.....
    RIVALGA ATMAYANA 7C(200821500322)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.