Rabu, 09 November 2011

Pilih Waralaba atau Usaha Sendiri?


Sebetulnya mana yang lebih menguntungkan dan aman bagi pemula di bidang wirausaha, merintis usaha sendiri atau membeli franchise? Jika membeli franchise dapat dikatakan aman, apa saja yang harus dipelajari, dipersiapkan, dan dilakukan? Sebaliknya, jika lebih aman merintis usaha sendiri, sebaiknya apa yang harus kita persiapkan dan lakukan terlebih dulu? Apakah modal sebanyak Rp 20 juta cukup untuk membuka usaha makanan kecil? Dari jumlah modal awal itu, berapa kira-kira uang yang sebaiknya kita putar, dan berapa jumlah uang yang harus disimpan sebagai cadangan modal? 

8 komentar:

  1. menurut saya untuk pemula lebih baik memilih waralaba. karena, disana kita akan diberikan pengertian dan strategi dalam berwirausaha. sehingga kita bisa berwirausaha dengan benar. jika, waralaba kita maju baru kita bisa membuka usaha sendiri.

    kalau menurut bapak yang mana yang lebih baik dan benar?

    "rizki darmawan 7A bahasa indonesia"

    BalasHapus
  2. menurut saya, bagi pemula lebih baik memilih franchise. karena, selain aman kelebihan dari franchise adalah dalam hal konsumen dan brand. namun, bagi pemula harus siap menerima kelemahan dari franchise yaitu sistem bagi hasil dan bersifat temporer.

    bagaimana menurut bapak ?

    "Ratna Riasari 7C bahasa Indonesia"

    BalasHapus
  3. wah kalau disuruh milih saya paling males, tapi namanya juga hidup, hidup kan pilihan, he he
    menurut saya mending pilih usaha sendiri, karena dengan modal sedikit kita sudah bisa berwirausaha, untung dan rugi kita bisa mengaturnya sendiri. Jika usaha sendiri, kita sudah menciptakan lapangan pekerjaan buat orang lain, y sekali-kali menolong orang,. he he...

    Joko Aprianto 7A Bahasa dan Sastra Indonesia

    BalasHapus
  4. menurut saya sebagai pemula lebih baik tidak memilih franchise. karena kita harus memiliki modal yang cukup besar. lebih baik kita memiliki sikap kreatif dan inovatif dalam memilih peluang usaha syukur..tanpa mengeluarkan modal.

    Riny Setyoningrum 7A Bahasa dan Sastra Indonesia

    BalasHapus
  5. menurut saya apabila ingin mulai berwirausaha sebaiknya memilih franchise terlebih dahulu, karena disutu kita akan mengetahui bagaimana prosedur dari keuntungan yang didapat daridari sistem franchise. Keuntungan yang akan diberikan kepada investor akan diterima sesuai perjanjian kontrak yang ditetapkan. Kita juga tidak perlu khawatir akan adanya kebangkrutan secara dini. Franchise biasanya sudah memeiliki image terkenal. Contonhnya Indomart, Alfamart, dsb.

    BalasHapus
  6. PAK pacar saya niatnya ingin bergabung di FRANCHISE di suatu restoran makanan... bisa g pak dengan modal lumayan lah.. trus apa saja kelemahan franchise itu sendiri??? kan klo kena tipu lumayan juga uang segithu....

    lella octaviany 7A

    BalasHapus
  7. menurut saya sebgai penemu yang ingn memulai berwirausaha, sebaiknya memilih usaha sendiri, karna dngn modal sedikit kita ttep dpt berusaha tnpa hrus mengeluarkn modal yg besr, seperti royalti dan sdh tntu keuntungn nantimya kita daptkn hnya untuk kita sendri ... ya istilah'a blik modal

    armi yusnita 7A

    BalasHapus
  8. kalo saya pilih usaha sendiri aja pak. karena keuntungan yang kita peroleh lebih besar dibandingkan franchise,.
    siapa sih yang g mau untung gede,. he

    aji, 7A bahasa indonesia

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.